KOMPETENSI

  1. Peserta didik mampu melakukan penelitian inovatif masalah bidang kesehatan

Metode pembelajaran : tugas, diskusi

  1. Peserta didik mampu merumuskan pendekatan penyelesaian masalah dibidang kesehatan masyarakat

Metode pembelajaran : kuliah, penugasan, diskusi dan seminar

  1. Peserta didik mampu mengembangkan pelayanan kesehatan secara holistic

Metode pembelajaran : residensi, seminar

Program Magister Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat mempunyai 5 minat studi, yakni:

  1. Biostatistik
  2. Gizi Masyarakat
  3. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku
  4. Kesehatan Ibu dan Anak
  5. Kesehatan Jiwa Masyarakat

PROFIL LULUSAN

Mempunyai kemampuan komunikasi, berpikir kritis dan mampu meneliti akar masalah, dan memutuskan pilihan solusi pemecahan berdasar teori dan konsep pendekatan dan pengukuran  ilmu kesehatan masyarakat dan pendekatan interdisiplin secara handal dalam menghadapi pelbagai masalah kesehatan, serta melakukan komunikasi dan edukasi kepada pemerintah, institusi, masyarakat secara tepat.

Beban dan Lama Studi

Beban studi berjumlah 43 sd 47 SKS, dengan lama studi 4 semester dan maksimum masa studi 6 semester. Penyelenggaran pendidikan dilaksanakan dari Senin s/d Jumat, dengan waktu tersebar antara 08.00 s/d 15.00 WIB. Tempat studi di kampus FKM Unair

  1. Profil Dosen Unggulan di Prodi S2 IKM

Prof. Kuntoro, dr., MPJ, Dr.PH,  salah satu guru besar di Prodi S2 IKM Unair ini adalah  pakar di bidang bidang ilmu biostatistika dan kependudukan. Menyelesaikan S1 di Fakultas Kedokteran Unair tahun 1974. Program Magister dan Doktoral ditempuh pada bidang ilmu Biostatistika di Graduate School of Public Health, University of Pittsburg, USA. Beliau mengambil riset doktor tentang Designing A Breast Cancer Registry in Indonesia with A Built-In Statistical Quality Control Component, dan meraih Dr.PH pada 1992. Di Prodi S2 IKM, beliau mengajar di 5 minat, yaitu Biostatistika, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Gizi Masyarakat.

Selain mengajar, meneliti dan menulis, beliau aktif terlibat sebagai konsultan ahli dan pembicara di dalam dan luar negeri. Beberapa riset besar dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI, seperti Riset Kesehatan Dasar dan Riset Fasilitas Kesehatan juga melibatkan beliau narasumber sekaligus konsultan. Beberapa kali terlibat sebagai dosen tamu ataupun tenaga visiting profesor di University of Mahidol, Thailand. Beberapa hasil riset beliau tersebar di jurnal internasional terindeks.  Beberapa buku ajar yang menjadi bacaan wajib mahasiswa S1 sampai dengan S3 yang masih digunakan sampai sekarang diantaranya adalah Pengantar Teori Probabilitas, Pengantar Statistik Multivariat, Konsep Dasar Hubungan Linier Struktural. Teori dan Aplikasi  Analisis Seri Waktu.

 

  1. Testimoni Lulusan

Timbuktu Harthana – Program Officer at ProVisi Education 

Angkatan tahun 2012

“Menjadi bagian dari mahasiswa Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat minat Promosi  Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, merupakan pembelajaran yang membanggakan. Di sini, saya tidak hanya belajar dan mengejar nilai tinggi, tetapi juga mengaplikasikan pengetahuan dan pengalaman materi perkuliahan. Selama dua tahun, saya belajar sekaligus berkembang bersama para pendidik dan professional yang mumpuni. Saya dan sejumlah mahasiswa pernah bergabung dan dilibatkan dalam berbagai kegiatan akademik dan non-akademik, diantara persiapan akreditasi dan riset bersama BKKBN tentang keluarga berencana.

Dalam pembelajaran, kami tak selalu berada di kelas. Kerap kali kami diminta terjun ke puskesmas dan masyarakat untuk mengetahui isu kesehatan masyarakat yang sedang terjadi. Menurut saya, kami sebagai mahasiswa diposisikan setara. Kami bukan hanya siswa yang “mencuri” ilmu dari dosennya, melainkan kami adalah rekan berbagi pengetahuan dan pengalaman yang berdiskusi bersama. Kami dituntut berkembang mandiri, tidak hanya menggantungkan pada “ceramah” para dosen.

Kampus memberikan kesempatan bagi para mahasiswa mengikuti berbagai seminar kesehatan maupun kuliah umum dari pakar bidang kesehatan dan gizi, seperti dari BPOM dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Sementara itu, kegiatan bakti masyarakat hingga pertukaran pelajar ke luar negerai pun ditawarkan kepada kami. Seperti yang pernah kami lakukan selama sepekan di Ubon Ratchathani University, Thailand. Ruang terbuka dan tempat diskusi yang dilengkapi fasilitas wifi, adalah satu kenyamanan saya nikmati saat menjadi mahasiswa di kampus ini.

  1. Jejaring Kerjasama

Beberapa kerja sama dalam level institusi, Prodi S2 IKM FKM Unair, terlibat aktif dalam organisasi  Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat  Indonesia (AIPTKMI). Melalui organisiasi ini, Prodi S2 IKM FKM Unair aktif berperan sebagai tim perumus kurikulum nasional program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat program magister di Indonesia. Prodi ini juga mengadakan kegiatan in-bond maupun out bond baik bagi dosen ataupun mahasiswa.

Beberapa rumah sakit juga menjadi jejaring dalam kegiatan residensi maupun tempat penelitian mahasiswa.